Berikut ini adalah kumpulan prinsip untuk mendesain antarmuka
berdasarkan “Eight Golden Rules of Interface Design” oleh Shneiderman. Saya
akan berusaha menjelaskannya dengan lebih sederhana tanpa mengurangi makna di
dalamnya.
1.
Mempertahankan
konsistensi.
Usahakan
agar user secara dapat mengetahui apa yang harus dilakukan secara intuisi
karena mereka sudah melihat situasi yang sama pada antarmuka kita sebelumnya. Ini
berarti membuat terminologi selalu sama dan membuat urutan langkah menjadi sama
di situasi yang serupa. Contoh yang bagus adalah OSX - sistem operasi Mac. Semuanya
terikat satu sama lain. Progress bar terlihat sama dan terasa seperti window
program. Segala window konfirmasi selalu memiliki tombol ‘ok’ dan ‘cancel’. Hal
yang sama berlaku untuk semua sistem operasi yang ada.
2.
Memperbolehkan pengguna
lama menggunakan shortcut.
Usahakan
agar pengguna tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencapai dari titik A ke titik
B, terutama bagi pengguna yang telah menggunakan antarmuka itu secara rutin. Hal-hal
yang harus dipertimbangkan mungkin, singkatan, fungsi kunci, perintah
tersembunyi, dan fungsi otomatis. Yahoo Mail melakukan kerja yang baik dalam
hal ini. Dengan menekan huruf ‘n’ untuk membuat pesan yang baru, atau ‘f’ untuk
mem-forward pesan.
3. Menawarkan feedback yang informatif.
Untuk setiap
pekerjaan yang dilakukan pengguna, harus selalu ada semacam feedback, baik ataupun
buruk. Respon untuk pekerjaan rutin dan kecil dapat dibuat secara minimal. Feedback
untuk pekerjaan yang sering dan besar harus lebih substansial. Seperti halnya
Yahoo Mail. Jika kita mencoba mengisi username dan password yang salah, mereka
memberi tahukan alasan kita tidak bisa log in.
4.
Membimbing
pengguna melakukan pekerjaan yang rumit.
Saat terdapat pekerjaan yang
membutuhkan beberapa langkah, pastikan untuk memisahkannya menjadi awal, pertengahan,
dan akhir yang logis. Setelah setiap langkah pastikan untuk memberi feedback yang
akan mengklarifikasikan bahwa langkah telah dilakukan dengan benar dan sudah
dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Di akhir seluruh langkah pastikan
untuk memberi tahu pengguna bahwa mereka sudah selesai dan telah memenuhi
seluruh persyaratan. Contohnya adalah wizard instalasi sistem operasi Windows
5.
Menawarkan
pengendalian error yang sederhana.
Desainlah
sistem sedemikian rupa sehingga sehingga pengguna tidak dapat melakukan error
yang serius. Jika terjadi error, sistem harus dapat mendeteksi error tersebut
dan menawarkan solusi yang sederhana dan komprehensif untuk menangani error
tersebut.
6.
Menawarkan
pembatalan perintah yang mudah.
Berikan jalan bagi pengguna untuk
meng-undo error. Ini akan membantu meringankan beban pengguna jika mereka tahu
bahwa tidak semuanya harus sempurna. Ini akan mendorong ekplorasi yang lebih
jauh dari antarmuka kita. Ada baiknya meletakkan fitur undo saat menangani satu
perintah, pengisian data, atau kumpulan pekerjaan yang lengkap. Semua word
processor adalah contoh bagus. Ctrl + z mungkin adalah salah satu perintah
kunci paling populer di dunia.
3 komentar:
Terimakaksih artikenya jelas dansangat bermanfaat...
My blog
Solder infrared
The Best Casino Sites for Bonuses in India
Top 온라인 바카라 사이트 Casino India Bonuses 탱글 다희 성인 방송 ⭐Top 100+ Slot Sites for 꽁 머니 토토 사이트 Indian Players · 브라 벗기 미션 Wild 업소 사이트 Casino · Betvictor · Golden Nugget · PlaynGo.
Posting Komentar